8. Macam – Macam Perspektif
Perspektif Satu Titik Hilang
Sistem perespektif ini digunakan untuk menggambar obyek (benda) yang terletak relatif dekat dengan mata. Karena letak obyek yang cukup dekat, akibatnya mata memiliki sudut pandang yang sempit, sehingga garis-garis batas benda akan menuju satu titik lenyap saja, kecuali bila sejajar dengan horizon dan tegak lurus terhadapnya. Gambar yang demikian sering disebut dengan paralel perspective sebab banyak menggunakan garis-garis bantu yang sejajar horizon dan vertikal.
Perspektif satu titik hilang merupakan cara menggambar perspektif yang paling mudah, karena keseluruhan objek pada bidang gambar dapat diukur dengan skala. Walaupun cara ini yang termudah, gambar perspektif satu titik hilang dapat terlihat alami namun juga sangat mudah terdistorsi.
Konstruksi perspektif satu titik hilang didasari oleh kenyataan bahwa garis vertikal digambarkan secara vertikal, garis horisontal digambarkan secara horisontal, dan hanya garis-garis yang menunjukkan kedalaman perspektif yang bertemu pada satu titik hilang (kecuali garis-garis melintang yang memiliki sudut selain 0 derajad dan 90 derajad terhadap garis normal/cakrawala). Perspektif satu titik hilang menggambarkan sebuah objek dengan satu titik pedoman yang menghubungkan dengan bidang gambar. Metode ini menggunakan hanya satu titik hilang di mana semua garis perspektif tersebut akan tertuju, serta satu titik ukur yang berperan pula sebagai titik diagonal.
Perspektif Dua Titik Hilang
Sistem gambar ini digunakan untuk menggambarkan benda‐ benda yang letaknya relatif jauh dan letaknya tidak sejajar ﴾serong﴿ terhadap mata pengamat. Karena posisi pengamat jauh dengan obyek maka sudut pandang mata melebar, akibatnya garis‐garis batas benda akan menuju titik lenyap sebelah kiri dan kanan. Gambar ini banyak digunakan untuk desain eksterior.
Perspektif dua titik hilang menggambarkan objek dengan menggunakan dua titik hilang yang terletak berjauhan di sebelah kanan dan kiri pada garis cakrawala. Perspektif dua titik hilang memberikan kesempatan untuk menggambarkan sudut terdekat atau terjauh dari sebuah objek atau ruangan.
Dalam perspektif dua titik hilang, sudut ruangan atau tepi sebuah objek digambar terlebih dahulu dan dapat digunakan sebagai skala secara horisontal dan vertikal, untuk kemudian ditarik garis dari titik hilang. Seperti dalam perspektif satu titik hilang, garis cakrawala digambarkan secara horisontal dan ditentukan oleh tinggi mata pengamat.
Berbeda dari garis cakrawala dan elemen‐ elemen yang terletak di garis cakrawala, tidak ada garis horisontal yang ditemukan pada perspektif dua titik hilang – kecuali pada objek‐objek yang memiliki kemiringan 45 derajad, semua garis yang secara nyata terlihat sejajar horisontal akan terlihat miring menuju ke dua titik hilang. Hanya ada satu garis horisontal dan vertikal yang digunakan sebagai skala pengukuran, yaitu garis horisontal dan vertikal pada sudut terdekat atau terjauh dari objek tersebut ﴾dianjurkan menggunakan garis pada sudut terjauh dari objek tersebut﴿. Perspektif dua titik hilang sangat sulit untuk digambar secara terukur. Bagaimanapun, perspektif dua titik hilang menampilkan gambar yang terlihat lebih alami dengan sedikit distorsi dibanding metode perspektif yang lainnya.
Perspektif Tiga Titik Hilang
Gambar perspektif ini muncul akibat benda/obyek yang diamati jauh di bawah atau ke atas horizon. Oleh karenanya sudut pandang mata melebar ke segala arah. Perspektif ini banyak digunakan untuk menggambar arsitektur bangunan yang serba tinggi.
Perspektif tiga titik hilang sangat tidak biasa untuk digunakan pada ilustrasi atau presentasi desain interior. Secara umum, perspektif tiga titik hilang terbentuk dari dua titik hilang yang terletak di garis cakrawala dan satu titik hilang tambahan yang terletak di atas atau di bawah garis cakrawala, segaris lurus secara vertikal dengan titik diagonal, sehingga bila ditarik garis berurutan dari ketiga titik hilang tersebut akan membentuk segitiga sama sisi, yaitu segitiga yang memiliki sudut yang sama, yaitu 60 derajat.
Penggunaan metode tiga titik hilang dapat menyebabkan distorsi yang berlebihan karena hampir semua garis tertuju pada titik hilang‐titik hilang. Ini berarti dalam menggambarkan perspektif tiga titik hilang membutuhkan kemampuan visualisasi yang sangat baik. Walaupun begitu, perspektif tiga titik hilang masih dapat diukur, yaitu dengan menggunakan titik diagonal yang berjumlah tiga buah yang terletak di antara ketiga titik hilang. Perspektif tiga titik hilang biasanya digunakan pada benda‐ benda arsitektural yang berukuran sangat besar, seperti gedung‐gedung bertingkat. Hasil yang ditampilkan perspektif tiga titik hilang biasa disebut ‘penglihatan mata burung’ bila titik hilang berada di bawah garis cakrawala, dan ‘penglihatan mata semut’ atau ‘penglihatan mata kodok’ bila titik hilang berada di atas garis cakrawala.
Dokumen tersebut membahas tentang menggambar perspektif dan teknik-tekniknya. Terdapat tiga jenis perspektif yaitu mata burung, mata manusia, dan mata cacing. Ada tiga teknik utama menggambar perspektif yakni satu, dua, dan tiga titik lenyap. Fungsi menggambar bentuk adalah merekam sesuatu yang dilihat atau mengembangkan gagasan.
Dokumen tersebut membahas tentang gambar perspektif, yang merupakan teknik sistem matematika untuk membentuk proyeksi 3D ke 2D. Terdapat 3 hal penting yaitu horizon, titik lenyap, dan garis vertikal. Ada 3 jenis perspektif yakni mata manusia, burung, dan cacing.
0%0% menganggap dokumen ini bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai bermanfaat
0%0% menganggap dokumen ini tidak bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai tidak bermanfaat
Dokumen tersebut membahas tentang menggambar perspektif dan teknik-tekniknya, serta pentingnya menggambar bentuk dan fungsi untuk desain grafis. Dijelaskan tiga jenis perspektif yakni mata burung, manusia, dan cacing. Ketiga teknik perspektif yakni satu, dua, dan tiga titik hilang. Menggambar bentuk bertujuan merekam sesuatu yang dilihat atau mengembangkan gagasan.
0%0% menganggap dokumen ini bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai bermanfaat
0%0% menganggap dokumen ini tidak bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai tidak bermanfaat
Dokumen tersebut membahas tentang gambar perspektif, yang merupakan teknik sistem matematika untuk membentuk proyeksi 3D ke 2D. Terdapat 3 hal penting yaitu horizon, titik lenyap, dan garis vertikal. Ada 3 jenis perspektif yakni mata manusia, burung, dan cacing.
%PDF-1.5
%µµµµ
1 0 obj
<>>>
endobj
2 0 obj
<>
endobj
3 0 obj
<>/XObject<>/ProcSet[/PDF/Text/ImageB/ImageC/ImageI] >>/MediaBox[ 0 0 595.32 841.92] /Contents 4 0 R/Group<>/Tabs/S/StructParents 0>>
endobj
4 0 obj
<>
stream
xœ•˜AsÚ:ÇïÌðt´ÈÒʲ¤7�Î8!MhÍä”éÁ“PÊ4@š˜Cߧ»l«“Ç6«Ÿv¥ý¯¢ô=ŸÿÈžsöéS”æyöüsúž¢‹Už¯ß£ÉŸ·itŸÍæË,Ÿ¯–Ÿ?³‹þ%»˜t;Ñɤä"f“ÝŽdÿ$SRðD2-¹Mð“E·#ØŒ.×ÝÎS0¿³É×nç
Çc?Jq©G=¬ÆV¢mLY¼ž³eWÃKÆ¢{
hx9è3ÝeËæ/½A?¬D LBÅý-ÜHÃãd¿¥®Âi£°g‚t„w¬5ÓûÇ1³a,âûÂv´³½íÆ~ÀÒ°gƒ[|Æa
Ÿ'ôoƒþö0(X; ë£>>}Ï›!ií²X]x.OJÏûäÃ
N‡a‚«Ôs‡ÑŒïCG·
Ÿ&ôr€�"øBFì&¥ôKÇéÖåa¨(šž)¸W5NŸKJV�jÜ+Y¿W¢æ.©f›H88–˜_pi™à±Öx5’½ÏNß=\·ú‘3€i› «MNR~Ô4�: ïp‰àJâž‚t|‹û—Þìwðñâ®Xù[ÚL¦Yâ3³(\˜ê,�+¢ëVd¯aT¯d JG€1i#nŨäÊú�/1ÖÜ*¢õ%‚âÎù�/Q —ÚK3µîhkb‹"ð
[Öêð©-×^qËZI#UÂ�_àÊs-c¬Â/ð¸
ë¬fÊá‰u.ðª=±íÏ?Ö¤ØÍuI"f«ºcP�Gã_§?ÿ©3�-ÙÕºvm«¨!Ášk°Z Ë=ùÚˆLή™<¡¬)ò7º¼ã!5ÿ/{mÄšs #,Þ
¶9^[“vÇ”QFÛµ<�@w¨
OÌ_¸¦D²´ÁŽš«
„ÄãOŠØºÚ|ˆ©ÌUF5;Ò*û²ùÃ�ñB¶Ê¾D
Ì4/�‚¯ìÁu•>ÈVÙ—HÜå‡ôвþ‹¹.‘Eã•ý"Yyͳv³¦vkÿrQ·ßZsåªÀf[�`Ð@,ÐØ8•È¢ÿ Ñ®fÔŽÐ]F7‹Pb-+Â|ýBÕ¶ÝßÔµ
µ®†*…§‚©Úz/JTý<§ÒÚA€*r
ð�ÚeëÃzAKò¶ógSÕO½¤õiœþl}(ëpÆÁ’–7Ÿ†—')&Ì>¨Zõ’ ¹”ÂÙšå°…Õèªj¯YÎQÍP{‚ Q›êļÙß„óÔ¬òíQ¤ÓžSŪDb—ë—¤ªµX•H,0~¸òí¹×Q¢ZKKITΓت͒1¿°[ÛûI)äõcƒjíï·Hóøìo§_ßÄ–ò!ø…×é
¿ôR±ºø¢
{FZ4Xd³©cýûwKûÍ¢¹q
endstream
endobj
5 0 obj
<>
endobj
6 0 obj
<>
endobj
7 0 obj
<>
endobj
8 0 obj
<>
endobj
9 0 obj
<>
stream
xœì} xUºöEe ���t'„q×q\Éž�!!¬BH ¬²«ì»²kØdQ@‘MÀöEt®‚3®ƒŽ££ƒ"Êïè(Š(õ¿ï9UÝUÕÝÑ{ÿÿÒ(ç}êÉÓÝ©®®îúÞú–ó-BhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhüÚ`ç+úïñ•Æ¡zÆ¡ÊÆñÇÎq*>š†ÆåãÌQãõ»�Ý¿½z·ñÃqÍ�Ë?_þ�Sïïõ5öIîì.kúÊs)æÓýÂø`Ô…ÓG~þ5ï4.\¸pÎøÏÆçëŒ÷«úÐ×û=Õ{Þ)R“°yzßuæùz~ÝcïýÁ|ËéÃ}úá�qö„ñõ~ã£éÆÛmɈ}Âa¿í_ì¹¹Û¤t‘’,ÒŠ´$‘îåãÔ¤!�d}»·‘±Ç¹?”Ô+‰Æ;…ÆѹƉ�O†ûûihüoáÂù�ï6Þëc¼,Œ]N"Hîœy>ê�²{ÇÎÎy×S¥P
ÝÔµö«ËÅ[OŠ´ÞW+ÅÄàæ©�f.¿÷ûQî±þ¾AÕöÕ|h¸¿·†ÆÿÀ�¡T?/üzžïþÝ–5É%M¨w|4¡Jº«Gµ²Rñø!rãE¶gƱw±Èê}•Èðú÷”[�^MÆÏÉÞ»!õ_{o68é‰}·Øøæõpÿÿs\8ý±q¸µ]ªßÝ~÷°GÒEÞ�"ÅI<ÍŒ¯Ú9²û0±j¶€;^ˆüÇ>-ã†�‡–‹ÕsDÏ¢na-‘™è?
?´ýíØÙ9ï”ßmrJé¾×n7Nü%Ü¿‡†ÆƹóÆ?ÇûŒ®/ö6ê15ƒJÇNx=í#;¬´`ºxi©8ð¸˜3Eü¡ï"/ÖÁ/>ð8•›Ó·Ê´IÔP/,KECDÕΤUªM¯¥5,—úáÎÆæi€PpÇ~ø2Ü¿�†ÆÏ‚qæSã•8+æ–øÛAwùe;Û
ÀZ{AgîC¢Í@!ÚÅ0˜�â6Ø,yV_à–ÓªŸP†ø¸r¶ÀS‘ãõÓ°ðö¿m»Ë´*¡¤¾Úî_HCÃ
×�ñí¦Aõ¼˜<7ÛR
I÷ôºzÛ"±w‘8Bˆ‚˜Šxá²÷Oƒî#ÿ6µ¸VÛÿA±‰Øú˜¸µÛµ¾Ýî|Ïùæš”qlA¸~.
�ŠB'ѵß-΢¸‰`h‡7VH§eÜÏãNè×}Š)Íü]æ{)=5{ª8¸LT+¬k¾Þìº÷¶ße:ŽÎ÷¦¡ÆÉÃ\ÊÙ-NîO-dì:¯Œ·‡&˜s>ŸÅød¿ãc>¶d§’]%9¢
A¹ðz˸µsŲ™BzO|eçÆ,3îñÙáþÍ44€ÿn¼Há<ý|œhN5,ªõ&ä´}¤MªC¿�bAwš~žYhmpÊ^^&D‹x¥^Ü”IëÛ‰Cáþå44L0±çµÆ4–`ÎÜY½«÷ÕðP¸ôŠ2J³÷w|tó8ô‹ù–€W~1ñ®õÈë|3øÙžÛ¨’þ$Œsß„û÷Ó¸á,|Üø`”ÊÏùM_™×>òàr!²¼!‡óEÚG–>,
TÂã»]{d�€�Ã×ï‹ßµ@ˆæ|oåŽu _¤ä#Ëœ"§^kûÚ
!š%pÿ¼ÌxÈ»ÝÃõKjh°®áŸ“ŒC¾eÖ¥Ë2)«ÍãþºRˆ–6²8ÜŸ
âû¯$ÔÝ=™§úþjrç�£„±“a7R¯“T%7“ÆN`Ø\½+¾¨Î¤ñ"81ƒ‡
ºDÀeé x\29ßöp¸½ñe9k¸W�ËŒ'üµ…=ÉçûµlLW‚úä,Ï(¸qeÛ¢‹"ž™ÃÌ‘m×&uký¸Uœ)¢UÜÒGÄ‘µ‚~Mªç¦®µ�íBqdþ4±éQÅÏ’bô” ��ࡱ� > �� s u ���� r �������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������� _� �� � bjbj 4 b b � �� �� �� � � � � � � � � ���� � � � �
� � f ( F F F F ! ! ! K M M M M M M $ 2 � � @ q � ! ! ! ! ! q � � F F � � � � � ! � � F � F K � ! K � � � F ���� b��y� ���� � � 7 � 0 � � $ � $ � � " $ � ( ! ! � ! ! ! ! ! q q � ! ! ! � ! ! ! ! ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� ���� $ ! ! ! ! ! ! ! ! ! � � : Gambar�Perspektif
GAMBAR PERSPEKTIF.
Gambar perspektif adalah gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang. Gambar perspektif merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
Beberapa singkatan dari bahasa asing yang lazim digunakan dalam gambar perspektif, yaitu :
CVA�� :�� Central Vertical Axis�� :�� Sumbu Vertikal Pusat
EL�� :�� Eye Level�� :�� Ketinggian Mata
GL�� :�� Ground Line�� :�� Garis Tanah
HL�� :�� Horizon Line�� :��� Garis Horison
MP�� :�� Measuring Point�� :�� Titik Ukur
PP�� :�� Picture Plane�� :�� Bidang Gambar
SP�� :�� Station Point�� :�� Titik Pangkal
VML�� : � Vertical Measuring Line�� : � Garis Ukur Vertikal
VMP � : � Vertical Measuring Point � : � Titik Ukur Vertikal
VP � : � Vanishing Point � : � Titik Hilang
VVL � : � Vertical Vanishing Line�� : � Garis Hilang Vertikal
VVP � : � Vertical Vanishing Point � : � Titik Hilang Vertikal
Gambar perspektif dapat dilihat dengan cara :
- Perspektif mata burung : dilihat secara keseluruhan dari atas
- Perspektif mata normal : dilihat secara keseluruhan dengan batas mata normal
- Perspektif mata cacing : dilihat secara keseluruhan dari bawah
Dilihat dari titik hilang yang digunakan gambar perspektif ada tiga, yaitu :
��Perspektif� satu titik hilang
HYPERLINK "http://daneswarajauhari.files.wordpress.com/2011/07/perspektif-1.jpg"
� Perspektif dua titik hilang
��Perspektif tiga titik hilang
HYPERLINK "http://daneswarajauhari.files.wordpress.com/2011/07/perspektif-3.jpg"
MENENTUKAN SUDUT PANDANG�DAN TITIK HILANG
Kadang kita menemui gambar perspektif yang terlihat tidak seimbang atau�beberapa furniturnya terpotong. Permasalahan ini dapat di atasi dengan�cara:
- Garis Horison dapat diturunkan atau dinaikkan sehingga bagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang pengamat.
- Kedudukan pengamat dimundurkan lebih jauh dari bidang gambar sehingga seluruh bagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang pengamat.
Untuk menentukan titik hilang dapat dengan cara menentukan terlebih dahulu bagian ruang yang akan ditampilkan secara maksimal. Pada perspektif satu titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah bagian kanan, maka titik hilang cenderung berada di sebelah kiri menjauhi garis normal dan bagian kanan ruang pada gambar. Cara ini berlaku untuk bagian ruang lainnya (kiri, atas dan bawah). Sedangkan pada perspektif dua titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah bagian kanan, maka titik hilang sebelah kiri akan menjauhi dan titik hilang kanan akan mendekati bagian kanan ruang pada gambar.
% � �
>
?
_
`
�
�
�
�
�
�
� �ι������o�g�gFg�ι Aj�U h�GC h�GC B*CJ OJ PJ QJ UaJ mH nH ph � tH!uj� h�GC U8j�( h�GC h�GC CJ OJ PJ QJ UaJ mH nH tH!u Aj h�GC h�GC B*CJ OJ PJ QJ UaJ mH nH ph � tH!uh�GC jH h�GC U(h�GC h�GC CJ OJ PJ QJ aJ nH!tH! .h�GC h�GC 5�CJ OJ PJ QJ \�aJ nH!tH! 2h�GC h�GC 5�CJ0 KH$ OJ PJ QJ \�aJ0 nH!tH! & � A j � � �
<
x
�
�
^ � � \ � �
>
@
_
� � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � d� �d �d [$\$gd�GC d� �d �d @&